Potensi Usaha Servis AC Rumah Tangga

Dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya, cuaca panas menjadi keseharian yang kita alami sehari-hari. Saya yang pernah tinggal di Jakarta selama 25 tahun merasakan situasi seperti itu. Biasanya untuk menyejukkan cuaca panas di luar rumah, penghuni rumah yang akan melengkapi rumahnya dengan AC.

Cuaca panas menciptakan fenomena ketergantungan masyarakat pada perangkat penyejuk udara atau biasa disebut air conditioning (AC). Budaya yang semula hanya menjangkiti warga kelas menengah atas ini seiring waktu menular pada kalangan menengah.

AC dengan harga yang tadinya hanya bisa dijangkau warga berpenghasilan besar masuk dalam golongan kebutuhan tersier. Namun kini, dengan semakin tingginya permintaan akan penyejuk udara ini, AC mulai naik tingkat menjadi kebutuhan sekunder dengan jumlah pemakai yang semakin bertambah setiap tahunnya. Bagi kalangan tertentu, bertambahnya jumlah pemakai AC terutama di lingkungan perumahan menjadi peluang bisnis berpotensi tinggi.

Bisnis yang bisa dibidik dari konsumsi AC rumah tangga adalah usaha servis AC. Mengingat selain memberikan kesejukan dalam sebuah ruangan, AC juga erat kaitannya dengan sirkulasi udara yang dihirup oleh anggota keluarga. Maka penting sekali memerhatikan kebersihan AC dan disarankan untuk menservisnya setiap 3 bulan sekali.

Lalu apa saja yang harus disiapkan pelaku bisnis yang berminat terjun dalam usaha ini? Karena modal dan perlengkapan yang dibutuhkan tak terlalu besar, usaha ini bisa dikelola sebagai usaha rumahan. Bagi yang tertarik dengan bisnis ini perlu untuk menyiapkan :

1. Peralatan yang memadai.

Seperti kompresor yang dapat menyemprotkan air untuk membuang segenap debu atau kotoran di dalam AC, plastik besar untuk menadah kotoran saat AC disemprot air, kabel, obeng, dll.

2. Staf.

Bagi pemula, Anda bisa mengajak saudara atau kerabat untuk membantu pekerjaan membersihkan AC tersebut. Bila usaha sudah maju, Anda layak mempekerjakan beberapa orang karyawan dengan wilayah target yang berbeda.

3. Kendaraan.

Ada baiknya memakai kendaraan roda dua atau motor bila jangkauan market Anda di area Jabodetabek yang sarat akan kemacetan. Sebagai bagian dari pelayanan konsumen, tepat jadwal perlu ditegakkan dan sebaliknya keterlambatan perlu dihindari bila usaha Anda ingin sukses. Jangan membiarkan konsumen menunggu terlalu lama karena Anda terjebak oleh kemacetan. Ingat, persaingan di dalam dunia bisnis ini pun telah semakin ketat.

4. Wawasan mengenai seluk beluk AC.

Bila usaha perawatan AC sukses bukan tak mungkin bisnis ini berkembang dengan membuka peluang baru yakni memperbaiki AC yang rusak. Sebagai persiapan ke arah sana, pelaku usaha harus mengenal seluk beluk mesin AC dan mengadakan relasi dengan distributor atau pabrik pengadaan AC untuk penyediaan spare part.

Walau persaingan terus membayangi, potensi bisnis servis AC masih cukup menjanjikan. Pertumbuhan jumlah penduduk di tanah air yang diikuti dengan meningkatnya daya beli masyarakat membuka prospek bisnis yang cerah dan menguntungkan. Memasang tarif antara Rp30 ribu sampai Rp50 ribu untuk setiap jasa membersihkan AC, bisnis ini layak dibidik untuk beberapa tahun ke depan.

http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro.html?start=26

Foto SP300C, SP600C

Foto SP300C, SP600C

Foto 2000 Watt s/d 5000 watt

Foto 2000 Watt s/d 5000 watt

Foto Bukti Pengisian 12V 200Ah 4 Unit

Toko online ini Sudah berdiri sejak 2010.
Berikut buktinya anda bisa klik
http://www.inverterplus.com/2010/02/hubungi-penjual-inverter.html

  ©Inverter Intelligent Jakarta ( Made in Taiwan ) - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Inverter | Topo